Rabu, 31 Mei 2023

DPR RI Pastikan Pembangunan Jembatan Muna-Buton Berlanjut

- Selasa, 28 Maret 2023 | 09:10 WIB
 Gubernur Sultra Ali Mazi (ketiga kanan) bersama sejumlah pejabat pejabat lingkup Pemprov Sultra dan Baubau saat meninjau lokasi pembangunan jembatan Buton-Muna, di Baubau, baru-baru ini.
Gubernur Sultra Ali Mazi (ketiga kanan) bersama sejumlah pejabat pejabat lingkup Pemprov Sultra dan Baubau saat meninjau lokasi pembangunan jembatan Buton-Muna, di Baubau, baru-baru ini.

KENDARI, rakyatsultra.id - Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Ridwan Bae memastikan bahwa pembangunan jembatan penghubung Pulau Muna-Pulau Buton tetap berlanjut.

Ia menyebutkan bahwa pembangunan tersebut akan tetap terealisasi di tengah keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebab, jembatan yang direncanakan itu bakal menelan anggaran hingga Rp 15 triliun itu, nantinya tidak akan menggunakan pembiayaan dari APBN, melainkan menggunakan skema investor.

Dia menyampaikan bahwa dalam perencanaannya, pembangunan jembatan itu bakal menggunakan APBN, sehingga bisa cepat dieksekusi. Namun, dalam pembahasan, hal tersebut urung dilakukan.

“Kalau skema APBN tidak cukup, karena masih fokus ke IKN, dan memang pemerintah menegaskan tidak ada pembangunan infrastruktur baru di tahun 2024,” kata Ridwan Bae.

Ia menjelaskan bahwa ada dua opsi yang disepakati dalam pembangunan itu, yakni skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atau secara umum lebih dikenal sebagai skema Public-Private Partnerships (PPP) dan skema kerja sama investor asing.

Namun, lanjutnya, skema KPBU juga ikut batal dikarenakan berbagai kendala yang dihadapi dalam pembangunan jembatan penghubung Pulau Muna dan Pulau Buton itu. Sehingga, pembangunan itu digadang-gadang akan menggandeng investor asing dengan skema pinjaman.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Wabup: ASN Butur Harus Pahami Tupoksi

Selasa, 23 Mei 2023 | 10:38 WIB

KKLR Kota Kendari Gelar Halal Bihalal

Jumat, 19 Mei 2023 | 19:17 WIB

PEREBUTAN MAHKOTA PEMUNCAK SURVEI

Sabtu, 13 Mei 2023 | 19:10 WIB
X